Kegunaan Plastik Cor

Pasien Covid 19 Harus Dibungkus Plastik – Urban Plastic

Pasien terinfeksi atau positif covid 19 terus meningkat bahkan jenazah positif covid 19 juga cukup banyak. Karena terinfeksi, pasien yang meninggal tidak dapat dimakamkan di pemakaman biasa dan harus dengan prosedur kesehatan. Walaupun menurut Pakar Kesehatan dr Joni Wahyudi menyebutkan jika pasien yang terinfeksi covid 19 dan meninggal tidak menularkan virus tersebut ke orang lain sebab virus itu hanya dapat hidup dengan menempel pada sel yang hidup pula. Maka dari itu, jika manusia terinfeksi mati, virusnya juga ikut mati. Namun sesuai dengan keputusan dan dengan prosedur tetap atau khusus, jenazah pasien covid 19 harus dimakamkan dengan prosedur khusus dan harus dimasukan atau dilapisan dengan plastik. Plastik yang digunakan adalah plastik cor.

Seperti yang diketahui jika plastik cor merupakan plastik yang digunakan untuk alas lantai yang berfungsi untuk menahan air semen langsung meresap ke tanah. Selain itu juga menahan agar air tidak menguap ke besi wiremesh yang mana jika besi terkena air akan mengalami korosi atau karat. Jika sebelumnya menggunakan screed, plastik cor sebagai inovasi baru menghadirkan fungsi yang sama dan jauh lebih praktis serta ekonomis. Di masa pandemi saat ini, pastik cor dapat dijadikan sebagai pembungkus tubuh jenazah covid 19 dan dinilai lebih aman karena memiliki ketebalan yang lebih dibandingkan dengan plastik biasa. Tidak hanya itu, plastik yang digunakan juga harus disemprot dengan cairan disinfektan.

Plastik Cor Aman Untuk Membungkus Jenaazah Covid 19 – Urban Plastic

Peneliti Bidang Mikrobioogi, Pusat Penelitian Biologi LIPI Sugiyono Saputra menjelaskan mengapa jenazah covid 19 harus dibungkus dengan plastik dan dengan prosuder yang rumit. Alasan yang pertama yakni sebagai bentuk kehati-hatian dimana jenazah kemungkinan masih terdapat virus yang masih hidup dan akan mati beberapa jam setelah proses pemakaman. Selanjutnya sebagai bentuk antisipasi agar melindungi petugas atau relawan atau lingkungan sekitar yang dilalui dalam proses pengantaran jenazah k eperistirahatan terakhir serta proses pemakaman. Selain harus dibungkus dengan plastik juga harus melalui proses penyemprotan dan juga penggunaan APD bagi petugas. Dengan demikian, prosedur yang dilakukan mulai dari awal hingga akhir harus dipastikan aman.

Virus corona tidak akan hidup jika tidak memiliki inang, oleh karena itu, para pakar penelitian menyebutkan jika orang yang sudah meninggal terinfeksi virus corona tidak akan menularkan virus tersebut. Oleh karena itu, agar virus cepat mati, beberapa saat setelah meinggal dunia, pasien harus dimakamkan secepatnya. Jika dibiarkan terlalu lama maka penyebaran virus akan semakin basar kemungkinannya. Inilah beberapa alasan mengapa penggunaan plastik sangat penting untuk membungkus jenazah covid 19. Prosedurnya memang cukup rumit namun hal ini diupayakan agar virus tidak menyebar. Protokol kesehatan semata-mata dilakukan untuk memutus rantai penyebaran dan akan semakin banyak orang yang terselamatkan sebab bahanya yang luar biasa. Plastik cor yang digunakan harus plastik dengan bahan organik sebab ketika proses pembusukan nanti, plastik yang organik juga akan ikut terurai. Oleh karena itu, sebagai produsen plastik yang selalu memperhatikan lingkungan, agar tidak menambah jumlah plastik, harus tetap memperhatikan bahan pembuatan plastik. Pihak rumah sakit selalu mempersiapkan plastik cor untuk membungkus tubuh jenazah covid 19 ataupun jenazah karena serangan virus menular lain. Plastik cor sendiri memiliki ketebalan minimal 40 micron dan dengan lebar 1 meter. Penggunaannya yang berlapis membuat pihak rumah sakit lebih memilih plastik yang dijual per roll agar nantinya dapat digunting sesuai dengan kebutuhan.

Perusahaan PT. Urban Plastik Indonesia adalah Pabrik Plastik di Indonesia yang menjual produk-produk plastik seperti Tali Rafia, Plastik Cor, Plastik Sampah, Plastik Mulsa, Selang Irigasi, Plastik Singkong, Kantong Mayat, Karung Plastik, Geotextile Non Woven, Geomembrane, Geobag, Welding Rod, biji plastik, terpal plastik, Geogrid dan Geomat. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Plastik Cor merk Urban Plastic, silahkan hubungi melalui: Whatsapp/Mobile Phone: +62811 1721 338 (Ratna), atau: Email: info@urbanplastic.id

jualplastikcor

This website uses cookies.