Jual Geotekstil: Mengenal Jenis dan Fungsinya

Jual Geotekstil merk Urban Plastic – Bagi Anda para pekerja proyek atau mahasiswa teknik sipil pasti tidak asing dengan istilah geotekstil. Material yang satu ini memang sering digunakan dalam berbagai proyek pembangunan karena fungsinya yang krusial. Geotekstil juga biasa disebut dengan filter fabric karena bentuknya yang seperti lembaran tetapi dibuat dengan cara needle punch lalu dipanaskan, bukan dengan cara dianyam. Geotekstil terbuat dari material Polimer Polyesther ataupun Polypropylene. Dalam dunia industri, terdapat dua jenis geotekstil yang biasa digunakan. Meskipun berbeda, namun pada dasarnya kedua jenis geotekstile ini memiliki fungsi penggunaan yang sama. Berikut ini kita akan membahas tentang jenis dan juga fungsi geotekstil yang biasa ditemukan dalam berbagai proyek pembangunan.

Jenis Geotekstil

Biasanya toko material yang jual geotekstil merk Urban Plastic sudah bekerja sama dengan pemilik proyek. Jadi, tidak heran jika Anda tidak akan menemukannya di toko material biasa. Berikut adalah dua jenis geotekstil yang perlu Anda ketahui.

  1. Geotekstil Woven

Jenis geotekstil woven adalah gabungan du aset benang parallel yang dijahit secara sistematis agar dapat membentuk struktur bidang. Umumnya terdapat dua jenis tenunan dasar yang digunakan antara lain sebagai berikut.

  • Tenunan sederhana, artinya tenunan yang biasa digunakan pada proses pembuatan kain tentun dengan struktur yang sederhana. Jenis tenunan ini cukup mudah dilakukan karena hanya perlu menaik-turunkan jarum dan benang secara bergantian dengan teknik menyilang. Teknik ini lebih banyak digunakan karena dianggap lebih kuat.
  • Tenunan kepar, artinya tenunan yang menggunakan teknik menyilang di bawah dan juga di atas benang lusin.
  • Geotekstile Non Woven

Jenis geotekstil non woven adalah geotekstil yang proses pembuatannya tidak dengan cara ditentun, tetapi menggunakan serat pembentuk yang diletakkan dan diikat menggunakan bahan perekat. Jenis ini banyak ditemukan di berbagai toko jual geotekstil merk Urban Plastic. Untuk membuat geotekstil non woven, perlu melewati berbagai proses panjang seperti di bawah ini.

  • Needle punch process, yakni geotekstil yang terbuat dari proses penjaruman serat web dan diletakkan pada mesin yang sudah dirancang khusus.
  • Melt bonded, yakni geotekstil yang terbuat dari filamen menerus yang terikat dan panjang.
  • Spand bonded process, yakni geotekstil dengan proses ikat pintal
  • Resin bonding atau chemical bonding process, yakni geotekstil dengan proses ikatan benang perekat.

Fungsi Geotekstil

Berikut ini adalah berbagai fungsi geotekstil yang biasa ada di toko material yang jual geotekstil merk Urban Plastic.

  • Filter atau Penyaring

Geotekstil mempunyai sifat permeailitas yang sangat tinggi sehingga dapat mengalirkan air dari geotekstil tersebut. Fungsi geotekstil adalah sebagai filter atau penyaring yang membuat air tanah tetap dapat turun dan mengalur, tetapi tidak menembus material geotekstil.

  • Separator atau Pemisah

Geotekstil merupakan material yang dinilai efektif mampu mencegah percampuran antara tanah lunak dengan tanah perkerasan. Kasus ini biasa terjadi pada proyek pembangunan jalan yang berada di atas tanah lunak. Jadi, geotekstil bertugas untuk mencegah tanah lunak naik ke bagian tanah perkerasan. Adapun salah satu kelebiha geotekstil adalah mempunyai daya mulur yang sangat baik serta mampu menahan gaya gesek.

  • Stabilisator

Geotekstil juga berfungsi sebagai stabilisator karena mempunyai daya tarik yang kuat sehingga mampu menyalurkan beban yang berada di atasnya dengan merata.

Demikian penjelasan tentang serba-serbi geoteksil yang dapat Anda ketahui. Kini sudah banyak toko yang jual geotekstil merk Urban Plastic sehingga material ini mudah ditemukan.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai geotextile, silahkan hubungi melalui: Whatsapp/Mobile Phone: +62811 1711 338 (Ratna) atau https://wa.me/628111711338, atau email: info@kapukmas.com

Open chat
1
Hello, Selamat Datang di Kapuk Mas.
Ada yang bisa kami bantu?