Categories: Jual Geomat

Hal-Hal Penting Untuk Diketahui Tentang Geomat Untuk Pencegahan Erosi di Indonesia

Apakah yang dimaksud dengan Geomat untuk pencegahan erosi? Geomat bisa didefinisikan sebagai lapisan lahan sintetis yang memiliki berbagai fungsi. Fungsi utamanya adalah sebagai media untuk menumbuhkan rumput atau bahkan pohon di kawasan yang kurang subur.
Dengan tumbuhnya pepohonan di daerah-daerah tertentu, resiko bencana alam seperti erosi akan dapat dihindari. Beberapa daerah memang secara alami tidak subur dan rawan erosi. Di daerah lereng gunung, curah hujan bisa jadi terlalu sedikit atau bahkan terlalu banyak sehingga proses vegetasi atau proses tumbuhnya tanaman menjadi terhambat. Untuk mengatasi hal tersebut, penggunaan geomat sangat dianjurkan.

Geomat Dengan Teknologi Geosintentik

Mungkin bagi sebagian besar orang, istilah geomat untuk pencegahan erosi masih terasa asing. secara umum, geomat merupakan salah satu produk yang menerapkan teknologi geosintetik. Atau, bisa dikatakan pula bahwa geomat merupakan bagian dari ilmu geosintentik yang saat ini sedang gencar dikembangkan di Indonesia.

Geosintetik terdiri dari 2 kata utama yaitu Geo yang berarti bumi dan Sintetik yang artinya buatan manusia. Maka, dapat dikatakan bahwa teknologi geosintetik mengacu pada “bumi” yang dibuat oleh manusia. Teknologi ini banyak diterapkan di bidang pertanian, kelautan, sipil, transportasi, geoteknik, lingkungan, dan sebagainya.

Geomat sendiri, sebagai suatu lapisan bumi untuk mengontrol erosi, terbuat dari bahan-bahan seperti Polyester yang sudah diperkuat sebagai intergradasi geogrid serta Polyethylene dengan tingkat kerapatan yang tinggi. Polyethylene ini berfungsi untuk menunjang perkembangan akar-akar pohon besar.

Karakteristik Lapisan Tanah Geomat

Karena dibuat oleh manusia dengan proses penelitian jangka panjang, maka geomat memang sangat cocok sebagai media penanggulangan erosi. Penggunaan geomat tidak serta merta mencegah terjadinya banjir atau tanah longsor. Terdapat proses berkesinambungan agar bencana-bencana tersebut dapat dihindari.

Oleh sebab itu, penggunaan lapisan tanah geomat juga memiliki beberapa karakteristik tertentu. Yang pertama adalah penerapan struktur 3 dimensi yang dibuat dari bahan-bahan polymer. Dengan menerapkan bahan-bahan yang demikian, geomat cenderung dapat tertembus oleh air.

Kedua, oleh sebab air yang mampu mengakses lapisan geomat, bagian-bagian tumbuhan seperti akar dapat tumbuh dan bertunas dengan baik. Akar dan tanaman juga semakin kuat serta tidak mudah tergeser oleh arus.

Ketiga, struktur tanah yang demikian tidak hanya berfungsi untuk menumbuhkan dan menahan pohon dengan akar besar, tetapi juga tanaman lainnya yang berukuran kecil. Dengan demikian jenis vegetasi lain selain pohon besar juga akan mampu tumbuh dengan baik di kawasan tersebut.

Keempat, meskipun terdengar rumit, lapisan geomat cenderung cukup mudah dipasang, bahkan di daerah-daerah rawan longsor seperti lereng gunung. Tentu saja, proses pemasangan harus melibatkan ahli di bidang geosintetis.

Yang terakhir, biaya pembuatan geomat tidak bisa dikatakan murah. Namun, cukup sebanding dengan hasilnya dalam menjaga permukaan tanah agar tetap kuat dan bebas erosi. Selain itu, teknologi penjagaan lingkungan yang satu ini juga ramah lingkungan.

Keuntungan Menggunakan Geomat untuk Pencegahan Erosi

Ada beberapa keuntungan yang bisa didapat dalam penggunaan geomat. Keuntungan yang pertama dan utama tentu saja terkait dengan pencegahan erosi yang cukup efektif. Geomat bekerja dengan manipulasi lapisan tanah sehingga lahan yang awalnya tandus bisa menjadi subur. Hanya dengan satu cara, berbagai permasalahan lahan bisa dengan mudah diatasi.

Keunggulan berikutnya adalah geomat menggunakan bahan-bahan yang ramah lingkungan. Jangan khawatir akan efek samping seperti berkurangnya populasi hewan dan semacamnya, karena proses pembuatannya sudah mempertimbangkan hal-hal tersebut.

Tentu saja, geomat juga tahan cuaca baik panas, dingin, maupun radiasi ultraviolet. Teknologi ini bahkan bekerja dengan baik di daerah-daerah dengan cuaca ekstrim.

Yang terakhir, produk geomat saat ini dapat dengan mudah didapatkan di berbagai daerah di Indonesia. Sebagai rekomendasi, berikut ini tempat jual Geomat merk BaliGEOTEX yang terbukti efektif dan efisien dalam mencegah erosi di wilayah tanah air, salah satunya adalah mencegah erosi di Labuan Bajo.

Perusahaan PT. Urban Plastik Indonesia adalah Pabrik Plastik di Indonesia yang menjual produk-produk plastik seperti Tali Rafia, Plastik Cor, Plastik Sampah, Plastik Mulsa, Selang Irigasi, Plastik Singkong, Kantong Mayat, Karung Plastik, Geotextile Non Woven, Geomembrane, Geobag, Welding Rod, biji plastik, terpal plastik, Geogrid dan Geomat. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Geomat merk BaliGEOTEX, silahkan hubungi melalui: Whatsapp/Mobile Phone : +62 811 1721 338 (Ais)  atau: Email: info@urbanplastic.id .

Admin Konten

This website uses cookies.