Plastik cor untuk proyek pembangunan bendungan IKN umumnya terbuat dari material khusus untuk teknologi pengecoran. Penggunaan plastik cor adalah untuk melapisi bagian dasar lantai yang sudah dicor, sehingga kualitasnya harus benar-benar terjamin.

Di pasaran sendiri ada begitu banyak plastik cor dengan ukuran yang beragam. Salah satunya plastik cor merk Urban Plastic yang terdiri dari dua jenis, yaitu plastik cor bening dan plastik cor butek. Sebagai material pendukung, plastik cor memiliki fungsi yang sangat krusial, yakni untuk mencegah perembesan air ke semen secara langsung.

Pemanfaatan plastik cor pada proyek pembangunan bendungan di Ibu Kota Negara (IKN) di Kecamatan Sepaku tidak dapat digantikan dengan jenis lain. Sebab bahan utama penyusunan produk ini adalah Polyextract yang sifatnya ramah lingkungan.

Plastik Cor merk Urban Plastic
Plastik Cor merk Urban Plastic

Fungsi Plastik Cor Untuk Proyek Pembangunan Bendungan IKN

Umumnya, plastik cor digunakan untuk pengecoran di proyek IKN Kalimantan Timur. Namun secara kegunaan, plastik ini memiliki beberapa fungsi berbeda. Tak hanya di ranah konstruksi, plastik cor dapat digunakan untuk lingkup yang lebih luas. Berikut ini beberapa fungsi dari plastik cor perlu Anda ketahui:

  • Alas Cor Beton

Fungsi pertama dari material konstruksi ini adalah sebagai alas cor beton pada proyek IKN di Kabupaten Penajam Paser Utara. Tujuannya agar material cor tidak tercampur dengan tanah. Sebab, jika material cor tercampur tanah akan membuat air masuk ke dalam pori-pori beton yang menyebabkan konstruksi menjadi tidak kuat.

  • Untuk Pembangunan Jalan

Plastik cor yang terbuat dari bahan Polyextract nyatanya tidak hanya digunakan untuk proyek pembangunan bendungan di Ibu Kota Negara (IKN) di Kecamatan Sepaku saja. Namun, juga difungsikan untuk proyek pembangunan jalan.

Pemanfaatannya hampir sama, yaitu dijadikan sebagai alas kerja yang berhubungan dengan tanah. Tujuannya adalah untuk menahan air semen agar tidak merembes ke luar dan meresap ke tanah. Selain itu, plastik cor untuk pembangunan jalan di Kalimantan Timur juga digunakan untuk menutupi bagian atas proyek agar tidak rusak.

  • Untuk Membungkus Barang Berukuran Besar

Plastik cor untuk proyek pembangunan Bendungan IKN sebenarnya sangatlah multifungsi. Selain dijadikan material konstruksi, plastik ini dapat dimanfaatkan untuk membungkus barang-barang berukuran besar. Ukuran dan lebar plastik yang sangat besar membuatnya lebih fleksibel ketika digunakan untuk membungkus peralatan.

  • Sebagai Kantong

Kegunaan lain dari plastik cor merk Urban Plastic adalah sebagai kantong. Biasanya di industri pabrik, plastik semacam ini banyak dijadikan kantong karena bahannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan. 

Pada dasarnya, plastik cor memiliki banyak kegunaan. Apalagi dengan bahannya yang bersifat ramah lingkungan, sehingga tidak menimbulkan pencemaran ketika digunakan sebagai alas dalam proyek pembangunan bendungan di Ibu Kota Negara (IKN) di Kecamatan Sepaku.

Selain itu, penggunaan plastik cor juga terbilang mudah, yakni cukup dengan dihamparkan saja pada lantai atau area yang akan dilakukan pengecoran. Metode pemasangan plastik cor merk Urban Plastic semacam ini lebih direkomendasikan untuk mendapatkan pengecoran yang berkualitas tinggi.

Pengadaan material plastik cor untuk proyek pembangunan bendungan IKN juga terbilang mudah. Sebab bisa didapatkan secara online. Soal ukuran, plastik cor tersedia dalam ukuran yang bervariatif, sehingga lebih mudah disesuaikan dengan kebutuhan.

Sementara dari segi harga, tergantung pada kualitas plastik cor merk Urban Plastic dan ukurannya. Makin tinggi kualitasnya, maka harga plastik akan lebih mahal. Begitupun dengan ukurannya.

Perusahaan PT. Urban Plastik Indonesia adalah Pabrik Plastik di Indonesia yang menjual produk-produk plastik seperti Tali Rafia, Plastik Cor, Plastik Sampah, Plastik Mulsa, Selang Irigasi, Plastik Singkong, Kantong Mayat, Karung Plastik, Geotextile Non Woven, Geomembrane, Geobag, Welding Rod, biji plastik, terpal plastik, Geogrid dan Geomat. Untuk informasi lebih lanjut mengenai plastik cor merk Urban Plastic, silahkan hubungi melalui: Whatsapp/Mobile Phone : +62 811 1721 338 (Ais), +62 811 9151 338 (Anna), +62 811-8805-538 (Davy) atau: Email: info@urbanplastic.id.”