Kenali Fungsi 4 Jenis Plastik Sampah Medis merk Urban Plastic

Plastik Sampah Medis merk Urban Plastic – Pernahkah Anda melihat berbagai kantong plastik sampah dengan warna berbeda di rumah sakit, puskesmas, maupun klinik? Ya, masing-masing kantong plastik sampah tersebut memiliki fungsi yang berbeda dan dapat dilihat dari warnanya. Tujuan penggunaan kantong plastik sampah tersebut adalah untuk menampung berbagai limbah medis. Berdasarkan keputusan dari Departemen Kesehatan pada tahun 2006, disebutkan bahwa limbah rumah sakit adalah semua jenis limbah yang dihasilkan oleh rumah sakit, baik dalam bentuk padat, pasta atau gel, cair, ataupun gas yang memiliki kandungan mikroorganisme pathogen yang sifatnya infeksius, radiaktif, dan juga mengandung berbagai bahan kimia yang berbahaya. Limbah-limbah tersebut dapat memberi dampak buruk bagi manusia dan lingkungan sekitar sehingga diperlukan kebijakan dan SOP khusus terkait dengan pengolahan limbah tersebut.

Sudah seharusnya setiap rumah sakit memiliki fasilitas khusus untuk mengelola limbah padat dan cair yang dihasilkan dari aktivitas rumah sakit. Fasilitas tersebut merupakan salah satu prasyarat yang wajib dipenuhi oleh setiap instansi kesehatan. Pengelolaan limbah medis memang perlu diperhatikan dengan baik dan melalui proses yang cukup panjang karena limbah tersebut mengandung bahan kimia yang berbahaya dan beracun sehingga harus dilakukan secara hati-hati. Proses pengumpulan, pengangkutan, hingga pemusnahan limbah harus dilakukan sesuai dengan sertifikasi rumah sakit. Salah satu yang harus dilakukan adalah dengan memisahkan limbah sesuai dengan jenisnya dengan menggunakan kantong plastik sampah medis merk Urban Plastic.

Umumnya limbah rumah sakit dibedakan menjadi dua jenis, yaitu limbah padat dan juga limbah cair. Kemudian untuk limbah padat dibedakan lagi ke dalam limbah medis dan non medis. Masing-masing limbah tersebut memiliki cara pengelolaan yang berbeda. Warna kantong plastik sampah medis merk Urban Plastic juga harus disesuaikan dengan jenis limbahnya. Berikut ini akan dijelaskan tentang jenis kantong plastik sampah yang perlu diketahui.

Kantong Plastik Sampah Non Medis

Kantong plastik sampah non medis berwarna hitam dan biasanya digunakan untuk menampung berbagai limbah non medis, seperti limbah dapur, rumah tangga, dan perkantoran. Biasanya limbah non medis yang dibuang pada kantong plastik sampah hitam bisa di daur ulang menjadi barang yang memiliki nilai ekonomis.

Kantong Plastik Sampah Medis

Kantong plastik sampah untuk medis terdiri dari empat jenis dengan warna dan fungsi yang berbeda-beda. Beberapa limbah medis yang dapat ditampung pada kantong plastik sampah ini antara lain adalah obat-obatan, limbah laboratorium, dan sebagainya. Berikut ini adalah keempat jenis kantong plastik sampah untuk medis menurut Keputusan Menteri Kesehatan tahun 2004.

  1. Warna Kuning

Kantong plastik warna kuning yang berfungsi untuk menampung limbah patologi dan infeksius. Limbah patologi adalah jenis limbah yang berasal dari jaringan tubuh pasca bedah, operasi, dan otopsi, sedangkan limbah infeksius adalah jenis limbah yang berasal dari pasien dengan penyakit menular.

  • Warna Cokelat

Kantong plastik warna cokelat yang berfungsi untuk menampung limbah farmasi yang berupa obat-obatan sisa atau kadaluarsa serta bekas infus.

  • Warna Ungu

Kantong plastik warna ungu yang berfungsi untuk menampung limbah sitotoksis yang berasal aktivitas pasien kemoterapi.

  • Warna Merah

Kantong plastik warna merah yang berfungsi untuk menampung limbah radioaktif yang berasal hasil riset laboratorium dan mengandung zat radioaktif.

Demikian penjelasan tentang jenis-jenis kantong plastik sampah medis merk Urban Plastic yang perlu Anda ketahui. Kantong plastik tersebut bisa Anda dapatkan di berbagai toko plastik online maupun offline dengan harga yang bervariasi.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai plastik sampah medis, silahkan hubungi melalui: Whatsapp/Mobile Phone: +62811 1711 338 (Ratna) atau https://wa.me/628111711338, atau email: info@kapukmas.com.

Open chat
1
Hello, Selamat Datang di Kapuk Mas.
Ada yang bisa kami bantu?