Apa Itu Plastik Limbah Medis merk Urban Plastic? Simak Penjelasannya

Plastik Limbah Medis merk Urban Plastic –Setiap harinya rumah sakit, puskesmas, dan klinik pasti menghasilkan limbah medis yang berasal dari aktivitas sehari-hari. Berbeda dengan limbah non medis, limbah medis memang membutuhkan pengelolaan yang khusus karena berbahaya, beracun, dan dapat membawa dampak buruk bagi manusia dan lingkungan di sekitarnya. Limbah medis adalah segala jenis limbah yang berasal dari kegiatan rumah sakit, puskesmas, klinik, maupun instansi kesehatan lainnya yang berbentuk padat, cair, dan juga gas. Adapun beberapa jenis limbah medis antara lain adalah limbah patologi, limbah infeksius, limbah kimiawi, limbah farmasi, limbah sitotoksis, limbah infeksius, dan masih banyak lagi. Masing-masing jenis limbah tersebut membutuhkan penangan yang berbeda.

Hal inilah yang membuat setiap intansi kesehatan harus memiliki kebijakan dan SOP yang berkaitan dengan prosedur pengelolaan limbah medis. Oleh karena itu, jangan heran jika Anda akan menemukan berbagai warna kantong plastik limbah medis merk Urban Plastic yang berbeda-beda. Hal ini karena setiap warna kantong plastik tersebut merepresentasikan jenis limbah yang berbeda. Jadi, setiap intansi kesehatan diharuskan untuk memiliki semua warna kantong plastik tersebut. Pengelompokan jenis limbah bertujuan agar petugas sampah lebih mudah dalam mengelola sampah dan juga meminimalisir terjadinya penularan penyakit, virus, maupun bakteri yang ada di limbah tersebut. Kurang lebih terdapat empat kantong plastik medis yang digunakan oleh berbagai instansi kesehatan di rumah sakit. Berikut ini adalah penjelasan mengenai keempat jenis kantong plastik tersebut.

Jenis Kantong Plastik Limbah Medis

Berikut ini adalah empat jenis kantong plastik untuk menampung limbah medis yang biasa ditemukan di berbagai instansi kesehatan, seperti rumah sakit, puskesmas, maupun klinik. Simak penjelasannya dengan seksama, ya.

  1. Kantong Plastik Medis Warna Kuning

Kantong plastik medis warna kuning berfungsi untuk menampung jenis limbah infeksius dan limbah patologi. Limbah infeksius merupakan jenis limbah yang berasal pasien dengan riwayat penyakit menular dan sedang melakukan isolasi, sedangkan limbah patologi merupakan jenis limbah yang berasal sisa-sisa jaringan tubuh pasien pasca operasi atau autopsy. Kedua jenis limbah tersebut harus mendapatkan penanganan khusus karena berpotensi menularkan penyakit dan virus ke orang lain.

  • Kantong Plastik Medis Warna Merah

Kantong plastik medis warna merah berfungsi untuk menampung jenis limbahradioaktif yang berasal dari aktivitas laboratorium dan mengandung zat-zat radioaktif.

  • Kantong Plastik Medis Warna Cokelat

Kantong plastik medis warna cokelat berfungsi untuk menampung jenis limbah limbah farmasi, seperti obat-obatan yang sudah kadaluarsa atau sisa milik pasien dan juga bekas infus.

  • Kantong Plastik Medis Warna Ungu

Kantong plastik medis warna kuning adalah plastik limbah medis merk Urban Plastic yang berfungsi untuk menampung jenis limbah sitotoksis. Jenis limbah ini berasal dari sisa-sisa kemoterapi yang dilakukan oleh para pasien.

Demikian penjelasan tentang kantong plastik limbah medis merk Urban Plastic dan juga keempat jenisnya. Anda bisa mendapatkan kantong plastik sampah medis di berbagai toko plastik, baik online maupun offline. Perlu diketahui bahwa setiap kantong plastik sampah medis memiliki simbol yang berbeda. Hal ini memudahkan petugas dalam memilah dan mengelola limbah tersebut. Jika ingin mendapatkan harga yang lebih murah, disarankan untuk membeli kantong plastik sampah medis langsung di distributor atau melalui e-commerce. Biasanya Anda akan mendapatkan harga miring jika beli dalam jumlah besar. Kantong plastik sampah medis juga tersedia dalam berbagai ukuran. Jadi, pastikan Anda membeli sesuai dengan kebutuhan, ya.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai plastik sampah medis merk Urban Plastic, silahkan hubungi melalui: Whatsapp/Mobile Phone: +62811 1711 338 (Ratna) atau https://wa.me/628111711338, atau email: info@kapukmas.com.

Open chat
1
Hello, Selamat Datang di Kapuk Mas.
Ada yang bisa kami bantu?